Bantu UMKM, Disperindag dan Diskominfo Langkat Kerja Sama Wujudkan e-Pasar

Stabat, (Disperindag Kab. Langkat)

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Langkat bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bekerja sama melaksanakan program unggulan pemerintah daerah (pemda) dalam rangka menuju 100 Smart City, yaitu e-Pasar.

Kepala Dinas (Kadis) Perindag Langkat, Sukhyar Mulyamin yakin, e-Pasar dapat meningkatkan dan mempermudah pemasaran hasil usaha industri kecil menengah (IKM), UKM, serta para penggiat usaha lainnya di Negeri Bertuah.

“Sementara itu, masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan barang yang dibutuhkan, dengan perbandingan harga yang sesuai,” kata Syahmadi, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Senada dengan Sukhyar Mulyamin, Kadis Kominfo Langkat, optimis kerja sama tersebut akan memudahkan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Langkat dalam menjual produknya, sehingga perekonomiannya meningkat.

Secara resmi, kerja sama tersebut pun dimulai setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), di Ruang LCC Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (14/9/2020).

Dalam MoU tersebut berfungsi untuk mewujudkan efisiensi, efektivitas, dan sinerginitas pemasaran online, dalam upaya meningkatkan kualitas pemerintah, pembangunan, perekonomian, serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Langkat.

“Sesuai visi dan misi Bupati Langkat Terbit Rencana PA,”

Suktiar menambahkan, MoU tersebut menandai kerja sama jaringan lintas organisasi perangkat daerah (OPD).

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Langkat Indra Salahudin, mengapresiasi Diskominfo dan Perindag yang telah berperan sebagai leading sektor pelaksanaan program e-Pasar.

“Saya sangat men-support program e-Pasar yang digagas Diskominfo dan Disperindag,” kata Indra.

Indra berharap, e-Pasar dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dan meningkatkan perekonomiannya selama masa pandemi Covid-19.

“Serta mendukung pengembangan potensi wisata melalui pemasaran objek wisata maupun suvenir khas lokasi wisata yang ada di Langkat,”.